RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA "Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
SMA
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X IPA - 1/1
Materi
Pokok : Struktur Atom dan
Tabel Periodik Unsur
Sub
Materi : Perkembangan
Tabel Periodik Unsur Serta Golongan Dan Periode Dalam Periodik
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan
ke - : 2 (Dua)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
KI 2 :
KI 3 :
KI 4 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
B. KOMPETENSI DASAR
3.4 Menganalisis
kemiripan sifat unsur dan golongan dan keperiodikannya.
Indikator
:
3.4.1
Menyebutkan perkembangan tabel periodik
unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
3.4.2
Menjelaskan dasar pengelompokan unsur – unsur.
3.4.3
Mendeskripsikan perbedaan logam dan non –
logam.
3.4.4
Menentukan golongan dan periode unsur
dalam sistem periodik modern.
4.2 Menalar
kemiripan dan keperiodikan dan sifat unsur berdasarkan data sifat-sifat unsur
Indikator
:
4.2.1
Mendesain hubungan konfigurasi elektron
dengan sistem periodik.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan perkembangan tabel
periodik unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
2.
Siswa dapat menjelaskan yang dimaksud
dengan golongan dan periode.
3.
Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan
logam dan non – logam.
4.
Siswa dapat menentukan golongan dan
periode unsur dalam sistem periodik modern.
5.
Siswa dapat mendesain hubungan konfigurasi
elektron dengan sistem periodik.
D.
Materi
Sistem Periodik Unsur (lampiran 1)
E.
Model
Dan Metode Pembelajaran
a. Model
Pembelajaran: Discovery Learning (Inquiry)
b. Metode
Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan dan Persentasi
F.
Media/Alat/Sumber
Pembelajaran
1. Media
& Sumber Belajar : Tabel periodik unsur
(Dobereiner sampai Meyer)
2. Alat/Bahan : Proyektor,
Laptop,Whiteboard dan Spidol
3. Sumber
Belajar : Buku
pegangan guru, Buku pegangan siswa
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam
·
Mengecek kehadiran siswa
· Memberikan apersepsi
Guru
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah di berikan sebelumnya yaitu “Konfigurasi
elektron berdasarkan kulit elektron”. “Apa
pengertian dari konfigurasi elektron?”
·
Kira-kira
dengan menggunakan konfigurasi elektron tersebut apakah kita bisa menentukan
letak unsur-unsur yang ada pada sistem
periodik secara keseluruhan?”
·
Pernahkah kalian pergi ke
perpustakaan ? biasanya buku-buku di perpustakaan di kelompokkan berdasarkan
jenisnya, ada buku agama, sains, bahasa dan sosial. Dengan pengelompokkan
tersebut, kita tidak kesulitan mencari buku yang kita butuhkan. Lalu
bagaimana dengan unsur dalam sistem periodik ? apakah mengalami
pengelompokkan juga ?
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Menyampaikan Cakupan Materi; yaitu golongan, periode dan sifat-sifat periodik unsur.
·
Menyampaikan lingkup penilaian; berupa tes tertulis dan
tugas.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi
(pemberian rangsangan)
v Mengamati
·
Guru menjelaskan sistem periodik
unsur tentang golongan dan periode unsur
·
Siswa mendengarkan apa yang
disampaikan guru
Problem
Statement
v Menanya
·
Guru mengajukan pertanyaan tentang golongan dan
periode unsur
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Pengumpulan
Data
v Mengumpulkan Data
·
Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok.
·
Guru membagikan lembar kerja siswa
·
Siswa membaca lembar kerja
·
Siswa mengidentifikasi
pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam LKS
tentang sistem periodik unsur.
v Pengolahan Data
·
Guru membimbing siswa untuk
mengidentifikasi pertanyaan-pertanyan.
·
Siswa mengumpulkan informasi untuk
mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di LKS dengan
menggunakan sumber-sumber belajar (buku paket dan internet)
Verifikasi
(pembuktian)
v Mengasosiasi
·
Guru membimbing peserta didik dalam
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
·
Siswa berdiskusi untuk
menentukan/menyimpulkan jawaban
berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan.
·
Siswa menuliskan hasil diskusi ke
dalam tabel yang telah disiapkan
Generalisasi
v Mengkomunikasikan
·
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi, sementara kelompok lain menanggapi.
·
Guru mendorong siswa untuk aktif
dalam diskusi.
·
Siswa membandingkan hasil diskusi
antar kelompok untuk mengklasifikasi, menganalisis dan memverifikasi sifat. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi, sementara kelompok lain menanggapi.
|
10 menit
10 menit
15 menit
20 menit
15 menit
25 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Siswa menggeneralisasikan hasil
kesimpulannya pada permasalahan sistem periodik unsur.
·
Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan pertanyaan tentang sifat periodik unsur.
·
Guru
memberikan
penguatan
tentang
sifat
periodik
unsur
·
Guru
menutup pelajaran dengan memberi salam
|
15
menit
|
H. Teknik Penilaian
·
Teknik Penilaian dilakukan menggunakan
teknik penilaian autentik yang meliputi penilain pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
1.
Penilaian
pengetahuan
a. Teknik
penilaian : Tes individu
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Nomor Butir Instrumen
|
1
|
Menyebutkan perkembangan tabel
periodik unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
|
1
|
1
|
2
|
Menjelaskan yang dimaksud dengan
golongan dan periode.
|
1
|
2
|
3
|
Mendeskripsikan perbedaan logam
dan non – logam.
|
1
|
3
|
4
|
Menentukan
golongan dan periode unsur dalam sistem periodik modern.
|
1
|
4
|
5
|
Mendesain hubungan konfigurasi
elektron dengan sistem periodik.
|
1
|
5
|
d. Instrumen
: (Lampiran 2)
2.
Penilaian
Sikap
Penilaian sikap dilakukan
dengan observasi sikap, Rubrik observasi sebagai berikut :
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
Perilaku Yang Dinilai
|
SKOR
|
KET
|
|||
Bekerja
sama
|
Rasa ingin
tahu
|
Disiplin
|
Peduli
Lingkungan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Kolom aspek perilaku
diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
4 = Sangat Baik (SB)
3 = Baik (B)
2 = Cukup (C)
1 = Kurang (K)
Penskoran =
a. Instrumen
: Lembar Penilaian Diri (Lampiran 3)
b. Petunjuk
Perhitungan Skor (Lampiran 4)
3.
Penilaian
Keterampilan
a. Teknik
penilaian : Kegiatan
b. Instrumen
: Lembar Penilaian Diri (Lampiran 5)
c. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan observasi keterampilan sebagai berikut
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
NO.
|
NAMA SISWA
|
SIKAP
|
||
Menerapkan Konsep/prinsip
|
||||
dan strategi pemecahan masalah
|
||||
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
Keterangan
:
KT(Kurang Terampil) : Jika sama sekali tidak menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan.
T (Terampil) : Jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/pronsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan tetapi belum tepat.
ST (Sangat Terampil) :
Jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
Comments
Post a Comment