RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA "Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                        :  SMA
Mata Pelajaran             :  Kimia
Kelas/Semester            :  X IPA - 1/1
Materi Pokok              : Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur
Sub Materi                  : Perkembangan Tabel Periodik Unsur Serta Golongan Dan Periode Dalam                                              Periodik
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit
Pertemuan ke -            : 2 (Dua)

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1 :
KI 2 :





KI 3 :






KI 4 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.





B.     KOMPETENSI DASAR
3.4  Menganalisis kemiripan sifat unsur dan golongan dan keperiodikannya.

Indikator :
3.4.1        Menyebutkan perkembangan tabel periodik unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
3.4.2        Menjelaskan dasar pengelompokan unsur – unsur.
3.4.3        Mendeskripsikan perbedaan logam dan non – logam.
3.4.4        Menentukan golongan dan periode unsur dalam sistem periodik modern.

4.2  Menalar kemiripan dan keperiodikan dan sifat unsur berdasarkan data sifat-sifat unsur

Indikator :
4.2.1        Mendesain hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
                        1.      Siswa dapat menyebutkan perkembangan tabel periodik unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
                        2.      Siswa dapat menjelaskan yang dimaksud dengan golongan dan periode.
                        3.      Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan logam dan non – logam.
                        4.      Siswa dapat menentukan golongan dan periode unsur dalam sistem periodik modern.
                        5.      Siswa dapat mendesain hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.

D.    Materi
*      Sistem Periodik Unsur  (lampiran 1)

E.     Model Dan Metode Pembelajaran
a.       Model Pembelajaran: Discovery Learning (Inquiry)
b.      Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan dan Persentasi



F.     Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.      Media & Sumber Belajar     : Tabel periodik unsur (Dobereiner sampai Meyer)
2.      Alat/Bahan                           : Proyektor, Laptop,Whiteboard dan Spidol
3.      Sumber Belajar                     : Buku pegangan guru, Buku pegangan siswa

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
·      Memberi salam
·      Mengecek kehadiran siswa
·      Memberikan apersepsi
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah di berikan sebelumnya yaitu “Konfigurasi elektron berdasarkan kulit elektron”. “Apa pengertian dari konfigurasi elektron?”
·         Kira-kira dengan menggunakan konfigurasi elektron tersebut apakah kita bisa menentukan letak unsur-unsur  yang ada pada sistem periodik secara keseluruhan?”
·        Pernahkah kalian pergi ke perpustakaan ? biasanya buku-buku di perpustakaan di kelompokkan berdasarkan jenisnya, ada buku agama, sains, bahasa dan sosial. Dengan pengelompokkan tersebut, kita tidak kesulitan mencari buku yang kita butuhkan. Lalu bagaimana dengan unsur dalam sistem periodik ? apakah mengalami pengelompokkan juga ?
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        Menyampaikan Cakupan Materi; yaitu golongan, periode dan sifat-sifat periodik unsur.
·      Menyampaikan lingkup penilaian; berupa tes tertulis dan tugas.
10 menit
2
Inti
Stimulasi (pemberian rangsangan)
v  Mengamati
·           Guru menjelaskan sistem periodik unsur tentang golongan dan periode unsur
·         Siswa mendengarkan apa yang disampaikan guru
Problem Statement
v  Menanya
·           Guru  mengajukan pertanyaan tentang golongan dan periode unsur
·           Siswa menjawab pertanyaan guru.
Pengumpulan Data
v  Mengumpulkan Data
·           Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
·           Guru membagikan lembar kerja siswa
·           Siswa membaca lembar kerja
·           Siswa mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam LKS  tentang sistem periodik unsur.

v  Pengolahan Data
·           Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi pertanyaan-pertanyan.
·           Siswa mengumpulkan informasi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di LKS dengan menggunakan sumber-sumber belajar (buku paket dan  internet)

Verifikasi (pembuktian)
v Mengasosiasi
·           Guru membimbing peserta didik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
·           Siswa berdiskusi untuk menentukan/menyimpulkan  jawaban berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan.
·           Siswa menuliskan hasil diskusi ke dalam tabel yang telah disiapkan
Generalisasi
v  Mengkomunikasikan
·           Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, sementara kelompok lain menanggapi.
·           Guru mendorong siswa untuk aktif dalam diskusi.
·           Siswa membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mengklasifikasi, menganalisis dan memverifikasi sifat. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, sementara kelompok lain menanggapi.
10 menit






10 menit




15 menit









20 menit








15 menit











25 menit
3
Penutup
·           Siswa menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan sistem periodik unsur.
·           Guru memberikan umpan balik dengan memberikan pertanyaan tentang sifat periodik unsur.
·           Guru memberikan penguatan tentang sifat periodik unsur
·           Guru menutup pelajaran dengan memberi salam
15    menit

H.  Teknik Penilaian
·         Teknik Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilain pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
1.      Penilaian pengetahuan
a.       Teknik penilaian    : Tes individu
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi
No
Indikator
Jumlah Butir Soal
Nomor Butir Instrumen
1
Menyebutkan perkembangan tabel periodik unsur pada kelebihan dan kekurangannya.
1
1
2
Menjelaskan yang dimaksud dengan golongan dan periode.
1
2
3
Mendeskripsikan perbedaan logam dan non – logam.
1
3
4
Menentukan golongan dan periode unsur dalam sistem periodik modern.
1
4
5
Mendesain hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.
1
5
d.      Instrumen : (Lampiran 2)





2.      Penilaian Sikap
Penilaian sikap dilakukan dengan observasi sikap, Rubrik observasi sebagai berikut :
NO
Nama Siswa
Aspek Perilaku Yang Dinilai
SKOR
KET
Bekerja sama
Rasa ingin tahu
Disiplin
Peduli Lingkungan
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10










Keterangan :
Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
4 = Sangat Baik (SB)
3 = Baik (B)
2 = Cukup (C)
1 = Kurang (K)

                          Penskoran =

a.       Instrumen : Lembar Penilaian Diri (Lampiran 3)
b.      Petunjuk Perhitungan Skor (Lampiran 4)

3.      Penilaian Keterampilan
a.       Teknik penilaian : Kegiatan
b.      Instrumen : Lembar Penilaian Diri (Lampiran 5)
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan observasi keterampilan sebagai berikut
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
NO.
NAMA SISWA
SIKAP
Menerapkan Konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah
KB
B
SB
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





Keterangan :
KT(Kurang Terampil) :  Jika sama sekali tidak menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan.
T (Terampil)                   : Jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/pronsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.

ST (Sangat Terampil)     :   Jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.

Comments

Popular Posts