PANDUAN PEMULA UNTUK MENGURUS PERPANJANGAN PAJAK 5 TAHUNAN (GANTI PLAT) KENDARAAN MOTOR

PANDUAN PEMULA UNTUK MENGURUS PERPANJANGAN PAJAK 5 TAHUNAN (GANTI PLAT) KENDARAAN MOTOR


Hi gan, ini postingan pertama ane. Baru beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 19 juli 2016 kemaren ane mengurus perpanjangan plat 5 tahunan. Maklum karena ini pertama kalinya ane mengurus perpanjangan plat jadi agak bingung-bingung sendiri dan keteteran ngurusnya. Tapi tenang dengan membaca blog ini dijamin agan-agan tidak bakalan kudet seperti saya lagi hehe...

Langsung saja ke topik yang ingin di bahas :
Persiapan pertama yang pasti agan semua punya motor yg platnya mau di perpanjang. Kemudian siapkan berkas-berkas berikut ini :
1.STNK asli dan foto copy(1 lembar)
2.BPKB asli dan foto copy (1 lembar)
3.foto copy berwarna KTP nama yg di STNK 1 lembar.
4. materai 3000
5 .Uang :D


Catatan : semua berkas harus dimasukkan dalam stopmap dan bagi agan-agan yang mau mengurus perpanjangan plat tetapi bukan pemilik asli STNK ada 2 pilihan yang pertama bisa membuat surat kuasa (di google banyak kok yang share) dan cara kedua adalah dengan balik nama(agak ribet klo cara yang ini gan)

Kebetulan ane kemaren pakai surat kuasa gan. Jadi cuma buat surat kuasanya jadi deh..
Tapi jika menggunakan surat kuasa agan juga harus foto copy KTP agan ya. Jika sesajen nya sudah lengkap semua baru tuh agan bisa OTW ke TKP. tempat untuk mengurusnya berada di SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di daerah di mana plat motor agan di keluarkan. Kalau ane di SAMSAT KOTIM, Kalimantan Tengah.
Sesampai di SAMSAT agan langsung saja ke antrian cek fisik kendaraaan. Biasanya posisinya terletak di depan kantor SAMSATnya gan. Kemaren ane cek fisik bayar 20 ribu. Tapi anehnya saat ane cek fisik gratiss gan hehe. Ane juga bingung sih. Tapi syukurlah itung-itung hemat. :D
Nah setelah agan cek fisik. Baru deh agan masuk ke kantor SAMSATnya. Kalo di tempat ane sih gan di kantornya terdapat 4 loket ada loket pendaftaran, penyerahan, pembayaran satunya ane lupa gan :D.
Setelah masuk agan langsung saja ke loket pendaftaran disana agan minta formulir yang agan harus isi( maklum di SAMSAT Kotim tidak menggunakan nomor antrian). Jadi langsung menghadap ke loketnya aja gan.
Setelah diisi formulir menggunakan materai 3000 gan jadi saran ane bawa dari rumah aja gan biar gak kerepotan lagi ke foto copian.
Setelah selesai jadikan satu dengan berkas yang sudah agan siapkan tadi( jangan lupa dalam stopmap ya biar rapi) anter lagi tuh semua berkas mau yg foto copi atau yg asli semuanya juga diserahkan ke loket pendaftaran tadi. Sekitar 2/3 menit nama agan di panggil tuh. Kemudian di suruh tunggu panggilan lagi dari loket pembayaran. Saat nama agan di panggil langsung deh ke loket pembayaran dan jangan lupa bawa uang yang cukup :D . Untuk biayanya sih kalau ane kemaren sesuai dengan jumlah yang tertera di STNK gan. Lalu, agan di beri lembaran putih untuk di serahkan ke loket Penyerahan untuk mengambil STNK yang sudah di perbaharui gan. Tunggu lagi sekitar 10 menit nama agan di panggil dan taraa... STNK agan sudah jadi..

Kalau di SAMSAT Kotim Tempat ane ngurus kemaren kata petugasnya untuk pengambilan plat nya di ambil bulan september/ lebih Alasannya sih karena kekurangan material Jadi ane terima deh. Karena sudah memiliki STNK dan TKB jadi itu jadi bukti jika agan kena razia atau kena tilang.

Sekian penjelasan tentang perpanjangan plat 5 tahunan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan coret-coret di komentar gan. Dan maaf ya gan ane gak cantumin foto-fotonya.
Terima kasih

Sumber : pengalaman pribadi + om gugel.



Comments

Popular Posts