CERITA KIMIA "TUHAN MENGAPA AKU BERBEDA"

ini ada sebuah cerita tentang unsur kimia selamat membaca.

Tuhan Mengapa Aku Berbeda

Hai, aku tinggal di kota dengan nama Sistem Periodik Unsur atau nama kerennya kotaku disebut SPU. Di kota tempatku tinggal terdapat bermacam – macam komplek, sedangkan aku tinggal di komplek B. Di komplek B ini terdiri beberapa keluarga yang menghuninya, kalau aku satu keluarga dengan seng, kadmium , dan unumbium.
                Didalam keluargaku ini cuma aku yang agak aneh sifatnya dibandingkan dengan anggota keluarga yang lain. Aku memiliki nomor atom 80 dengan botot tubuhku sebesar BA (200,58). Dan aku memiliki konfigurasi [Xe] 4f14 5d10 6s2. Aku mempunyai titik leleh yang rendah 234.32 K (-38.83o C, -37.89o F). Bekuku  paling rendah sekitar -39o C  dan masih berujud cair pada suhu 396o C. Pada temperatur 396o C ini aku telah terjadi pemuaian secara menyeluruh.Tubuhku berwarna keperakan dan bentukku cair pada suhu normal. Entahlah aku juga heran kenapa aku berbentuk cair, sedangkan teman sebaya ku semua dalam bentuk padat saat suhu normal. Kata Albert Einstein sih dengan konsep relativitasnya dia menyimpulan karena electron valensiku menjadi electron dalam dan orbidal 5d ku sudah penuh maka ikatan logamku menjadi sangat lemah sehingga aku pada suhu kamar berbentuk cair.
                Hmmm… apalah itu penjelasannya aku tetap bersyukur dilahirkan di dunia ini, walaupun aku berbeda tetapi aku tetap optimis bahwa aku diciptakan di dunia ini pasti memiliki tujuan. Dengan prinsip itu aku tetap bertahan dan terus berjuang. Nyatanya aku masih banyak digunakan oleh manusia. Salah satunya sebagai cairan pengisi thermometer. Walaupun Cuma dimasukan ke tempat yang kecil itu tapi aku tetap bangga karena ada aku di thermometer bisa membantu manusia untuk mengukur suhu dengan cepat dan praktis.
                Selain digunakan dalam thermometer aku juga digunakan oleh manusia sebagai racun pembunuh serangga karena saat aku dan sahabatku klorida bertemu kami membentuk sebuah aliansi. Dan ini sangat membantu para petani untuk menjaga tanamannya saat diserang hama.
                Setiap ciptaan-Nya pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Tidak bisa dipungkiri walaupun aku mememiliki sejuta kelebihan, tetap saja kau pasti memiliki kekurangan seperti disalahgunakan oleh manusia. Sebenarnya sedih sih melihat apa yang meraka lakukan dengan diriku untuk berbuat kejahatan salah satunya aku digunakan dalam kosmetik dengan alasan kecantikan, walaupun aku memang memilik sifat untuk memutihkan kulit. Tetapi, jika aku digunakan terlalu banyak aku bisa bersifat beracun, dan akibat yang terjadi bisa mengakibatkan kanker kulit pada kulit yang dioleskan.
                Beginilah kehidupan kadang kita terlalu baik malah dimanfaatkan. Dan kita hanya bisa berdoa akan hal itu. Karena aku hanya bisa pasrah dan berserah diri kepada-Nya dan tidak bisa melakukan apa-apa.
                Kalau dari sejarahnuya aku ditemukan oleh manusia di Mesir pada makam kuno peninggalan abad ke 1500 SM. Saat itu aku di gunakan untuk keperluan kosmetik dan obat. Tetapi sekitar 350 SM, Aristoteles menjelaskan bagaimana cara memisahkan aku dengan cara memanaskan batuan cinnabar untuk upacara keagamaan. Setelah diteliti lebih dalam ternyata aku di alam jumlahku terbatas. Aku sih setelah mengetahui kabar itu woles aja karena aku sadar bahwa tidak ada yang “unlimited” di alam semesta ini kecuali Dia sang maha pencipta. Aku di alam ditemukan secara alami dalam bentuk senyawa logam, senyawa garam, dan senyawa organik. Aku diproduksi di dunia mencapai 8000 ton pertahun.
                Sang Pencipta menciptakan kita pasti memiliki tujuan dan kegunaaan dalam porsi masing-masing, jadi walaupun aku diciptakan berbeda dengan yang lain aku tetap semangat menjalani kehidupan ini.

Dari cerita diatas pasti sudah pada tahukan unsur apa yang dimaksud....

tunggu update cerita  seru lainnya. terima kasih

Comments

  1. wah tepat sekali :D pasti rajin belajar kimia nih

    ReplyDelete
  2. horeee :d
    nggak juga kok kak, saya main game terus, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha modal sistem periodik unsir ae tuh hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts